Breaking News
recent

LKPA Terprogram: Rock Climbing



RC part 1 (Tebing Pantai Siung)
Panjat Tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya.
Pada umumnya panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45° dan mempunyai tingkat kesulitan tertentu. Pada perkembangannya kegiatan panjat tebing berevolusi menjadi berbagai dimensi kegiatan: olahraga yang mengejar prestasi, petualangan yang mengejar kepuasan pribadi, dan sebagai kegiatan profesi untuk mencari nafkah yaitu kerja pada ketinggian (wikipedia)

RC di Brahmahardhika sendiri masuk ke dalam ranah Bidang 2 (Kepecintaalaman). Dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggota mengenai pemanjatan tebing, pengurus menyelenggarakan sebuah kegiatan bernama Latihan Kepecintaalaman (LKPA) terprogram. Perbedaan LKPA terprogram dengan LKPA rutin adalah tempat dan waktu penyelenggaraannya. LKPA terprogram dilaksanakan langsung di alam dalam waktu yang telah ditentukan, sedangkan LKPA rutin adalah latihan yang diadakan secara rutin  setiap hari kamis di lingkungan sekitar sekretariat, boulder, maupun di wall Brahmahardhika.

Belum lama ini kami berkesempatan untuk mengembangkan ilmu dan kemampuan mengenai panjat tebing secara langsung. Latihan kepecintaalaman rock climbing yang pertama pada periode ini telah terlaksana pada rabu-kamis, 10-11 Mei 2017 di tebing Pantai Siung, Gunungkidul. Latihan kepecintaalaman rock climbing kali ini lebih menitik beratkan kepada materi dan praktik tentang artifical technique yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggota mengenai pemanjatan tebing yang tentu saja akan sangat berguna saat berkegiatan di alam. Seperti yang kita tahu bahwa dalam berkegiatan di alam tidak bisa main-main karena nyawalah taruhannya, harus ada SOP yang jelas dan juga kemampuan yang memadai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
 
RC part 2 (Tebing Karang Lo)
Latihan kepecintaalaman rock climbing yang kedua dilaksanakan pada hari kamis, 25 Mei 2017 di tebing Karang Lo, Karanganyar. Di latihan RC yang kedua ini kita memperdalam ilmu yang sudah kita dapatkan di latihan yang sebelumnya. Selain sebagai latihan untuk meningkatkan kemampuan, LKPA terprogram yang diadakan langsung di alam juga sebagai sarana untuk refreshing dengan pemkitangan yang disuguhkan oleh alam. Seperti LKPA kali ini yang diadakan di Desa Karanglo yang terletak di kaki Gunung Lawu sehingga udaranya sejuk dan juga  juga memiliki pemandangan yang indah karena terletak di atas lembah. Begitu pula LKPA RC pertama yang diadakan di tebing Pantai Siung yang berlatarkan panorama pantai yang indah. Oleh karena itu tetap semangat berlatih dan nantikan latihan kepecintaalaman lainnya ya..

Viva Brahmahardhika!!!


(Humas/Brahmahardhika)

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
👤 Fb: Brahmahardhika MAPALA FKIP UNS
📷 Ig: brahmahardhikafkipuns
📧 email : brahmahardhikafkipuns@gmail.com
🌎 blog : brahmahardhika.blogspot.com  //  brahmahardhika.fkip.uns.ac.id


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.