OUR BLOG

SAMPAH

Our Environment

Di rubrik kita kali ini akan ngebahas tentang saampah,tau kan ama yang namanya sampah? Sewaktu kita ndenger kata sampah yang muncul di bayanga kita adalah barang yang berguna,di campakkan n bau banget. Itu ga salah salah kok jikalau persepsi kamu demikian.
Gimana sih caranya biar sampah ga numpuk banyak? Salah satunya dengan mendaur ulang sampah tersebut n menggunakan barang berulang- ulang apabila masih bisa di gunakan seperti,penggunaan kantong plastik yang dapat di pakai berulang kali.,mengurangi penggunaannya.
Sampah di bedakan menjadi beberapa macam yaitu:

1. Sampah AN-ORGANIK
Sampah ini tidak mudah hancur bukan berupa cairan dan gas,sampah ini sering di sebut sampah kering. Contoh sampah ini adalah logam, besi,plastik,karet,dll

2. Sampah ORGANIK
Mudah lapuk dan bukan berbentuk gas maupun cairan ato di sebut sebagai sampah basah.sampah ini terdiri dari sampah organic segar. Seperti sampah dapur,sampah kebun,pasar,dan restoran. Yang kedua yaitu sampah organik oleh,berupa kertas dan kardus .sampah untuk di daur ulang menjadi kompos.

3. Sampah BERBAHAYA
perlu di tangani secara khusus untuk menetralisir pencemaran. Sampah ini harus di pisahkan dari yang lain. Sehingga proses daur ulang lebih cepat dan menghasilkan barang bekas dan tidak berbahaya.
Berikut adalah data mengenai barang dan waktu yang di butuhkan dalam proses pelapukannya.

No. Jenis sampah, Waktu
1. kertas, 2-5 bulan
2. Kulit jeruk, 6 bln
3. Dos karton, 5 bulan
4. Filter rokok, 10-12 tahun
5. Kantong plastic, 10-20 tahun
6. Kulit sepatu, 25-40 tahun
7. Pakaian/nylon, 30-40 tahun
8. Plastic, 50-80 tahun
9. Alumunium, 80-100 tahun
10. Styrofoam, Tidak hancur

Setelah kita tahu mengenai waktu yang di butuhkan sampah dalam proses pelapukannya,maka akan membuat kita berfikir 2x sebelum menggunakannya. Marilah kite mulai dari diri kita sendiri menjaga kelestarian lingkungan kita.
Selamatkan bumi kita!



BRAHMAHARDHIKA Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.